Monday 27 February 2017

Kuliah Di Jurusan Keperawatan



Kalian harus tau suka dukanya jadi mahasiswa keperawatan, di mana pada semester awal kalian emang belum bisa ngerasain gimana sih capeknya jadi mahasiswa jurusan keperawatan itu, tapi saat kalian mulai menginjakkan langkah kalian di semester berikutnya disitu kalian mulai akan meerasakan sedikit demi sedikit gimana sih kejamnya kampus itu, gimana sih capeknya kita yang di buat sana sini untuk ngejar dosen dan mesti nunggu berjam-jam untuk di php-in. Tapi capeknya nunggu sama di php-in dosen itu mah hal yang yaahh semua mahasiswa juga gitu kali yaa. Kecuali bapaknya dosen, kayaknya gak mungkin juga dia mesti ngejar-ngejar bapaknya di kampus apa lagi di luar jam kampus.

Nah satu hal nihh yang ngebedain kita mahasiswa jurusan kesehatan (perawat) sama mahasiswa “bukan dari jurusan kesehatan”. Okey untuk yang bukan dari jurusan kesehatan Aku ngomong kayak gini bukan karna aku sombong dan sok-sokan, tapi karna jurusan kesehatan itu mempunyai tingkat kesusahan dan kecapeannya masing-masing, ini karna kita itu kuliah dan dapet titel lalu kerjaannya itu untuk menjadi pelayan masyarakat, yang yaaahh mau gak mau kita mesti di tuntut baik dan beretika untuk melayani masyarakat.

Okeyokeyy, Jadi balik lagi yang ngebedain jurusan keperawatan sama jurusan yang bukan jurusan kesehatan adalah Jurusan keperawatan itu selain kita mesti belajar dengan giat biar kualitas kita gak abal-abal hal lainnya adalah kita di tuntut mesti punya skil yang memumpuni dan menyamai tingkat pengetahuan kita. Selain itu saat kita kuliah dan kita turun dinas, kita harus membuat Asuhan Keperawatan, dan asuhan keperawatan yang kita bikin itu gak sedikit loh guys, gak hanya membuat Askep aja, jadi sebelum askep kita selesai dalam seminggu, kita harus konsul askep kita ke Clinical Instruktur (intruktur di rumah sakit) dan siap-siap deeh askep kita di coret-coret dan mesti bikin perbaikan lagi kalo masalah di coret-coret mah biasaa, paling yang mental kerupuk cuman nangis doang kok, di corat-coret juga yaa biar Askep yang kita bikin itu sempurna dan bukan hasil rekayasa kita terhadap pasien yang kita tangani..

Okey lanjutt setalah kita konsul dan CI kita sudah puas dengan hasil perbaikan askep nah waktunya kita Respon satu persatu. Jadi kita proses Responsi ini kita harus menceritakan semua tentang pasien yang kita tangani sesuai dengan Askep yang kita bikin, dan kalo sudah sesuai nih ya, selanjutnya itu kita dapat Tanda Tangan Clinical Instructs Tercinta atau biasa kita sebut tuh dapet ACC.
Nah prosedur kita setelah dinas prosesnya mirip sama di kampus, jadi kalo proses kita waktu dinas itu sudah selesai atau kita sudah dapet tanda tangan dari CI baru itu kita mesti minta tanda tangan dari Clinical Theacing, untuk dapetin tanda tangan dari CT juga ya mesti lewatin DUA proses di atas yaitu proses Konsul dan proses Responsi, ceritanya beda-beda tipis aja, sama-sama di coret dan mesti ganti lalu kita mesti menceritakan tentang pasien yang kita tangani sesuai dengan Askep yang sudah kita perbaiki.

Itu sih seputar Dinas di rumah sakit ya. Jadi untuk bisa dinas di rumah sakit itu kita harus memenuhi kriteria nilai yang sudah di tentukan, nah jadi ceritanya kita mesti lulus ujian OSCA ( Objective Strukture Clinical Assesment). Jadi ujian ini itu setiap semesternya ada Osca. Untuk gambaran osca sendiri pastinya di lakukan di Lab yang tersedia di kampus kita dan kita itu di tuntut harus bisa melakukan tindakan profesional perawat di depan pasien, tapi pasiennya biasa kita pake Phantom (boneka yang di rancang khusus seperti manusia beneran) kan gak mungkin saat kita lagi ujian pemasangan kateter kita pake manusia sungguhan di kampus wkwk.

Jadi ujian Osca itu kita di jaga sama satu dosen. Ceritanya kita itu lagi melakukan tindakan (contoh, pemasangan NGT) nah dosennya yang menilai kita ini sudah sesuai prosedur dan sudah mencapai kriteria gak. Kalo menceritakan tentang Osca kayaknya aku rada rempong buat ngejelasinnya, wkwkk nanti deeh buat calon mahasiswa yang pengin ngerasain, yaahh Ayo masuk juruan keperawatan J

Nah untuk Osca ini ceritanya ujian yang di lakukan di Lab kampus keperawatan dengan menggunakan phantom kan, jadi ada juga nih ujian yang di lakukan di Rumah sakit yang di mana perbedaanya sama Osca itu adalah kita melakukan tindakan profesional perawat pada pasiennya langsung dan ada 2 orang dosen penguji yang siap siaga menilai proses ujian kita, jadi nama ujian ini tuh UHAP (Ujian Tahap) belum lagi kalo pas kita cabut-lot terus kita dapet pasien kelas 3 buat Uhap, yaudah itu pasti pasien yang lain bakal ngeliatin proses ujiannya :D tapi kalo diliatin sama pasien lain sih biasa aja, cuman diliatin sama dua orang dosen penguji itu looh, bagaikan di liat sama malaikat maut wkwkwkwk V

Cuman segini? Cuman segitu doang?

Hahaha, iya cuman segitu doang, tapi kalo misalkan kita Dinas selama 10 minggu berarti ada 10 Askep yang mesti kita Konsul dan kita Respon, yaaaa itung-itung itu bonus buat kita yang udah capek dinas dan bikin askep lalu harus konsul dan respon. Belum lagi kalo kita kerja, gaji yang kita dapat itu standar loh guys, beda sama gajinya dokter yang aduhai, padahal kita tuh perawat sebenarnya sederajat sama dokter, kita itu diibaratkan teman kolaborasinya dokter, tapi itu gaji perawat sama dokter beda, Bedda! Belum lagi kalo di hitung-hitung nih waktu perawat sama pasien itu lebih banyak waktu perawat dong yaah, dokter mah visite 5 menit untuk satu pasien udah selesai. Dan hebatnya gaji kita nanti sebagai perawat loohh jauh sama gaji dokter wkwkwkk.

Terus kenapa kalo udah tau susah, gajinya dikit mau-mau aja masuk jurusan itu?
Iya, jadi awalnya aku gak tau sesusah apa jurusan ini, sesuai gak sama kemampuan otak aku. Jadi aku masuk jurusan ini hanya karna tujuan aku itu ingin bisa merawat orang tuaku sendiri dan untuk bisa mengangkat derajat orang tua yang gak punya keluarga dekat sebagai perawat, yaah itung-itung jadi perawat aja gak usah doter karna biaya sekolahnya yang aduhai juga kasian otak aku yang udah pas-pasan terus maksa dan lebih kasian lagi kondisi ekonomi orang tua aku.

Jadi ceritanya nyesel gak masuk jurusan keperawatan? Karna kan kamu gak tau sesusah apa jurusan ini sebenarnya.
Nyesel dan gaknya tuh sebenarnya kadang nyesel, tapi kalo ngingat aku masuk jurusan ini tuh tujuannya apa jadi aku harus melangkah lagi dan lagi. Modalnya sekarang hanya semangat dan semangat, yaah dijalani aja. Untuk kedepannya kembali ke diri kita masing-masing sih yaa entah kita tetap akan berprofesi sebagai perawat atau mau merubah haluan menjadi apa kek entahlah itu kembali ke diri kita dan ke masa depan kita. Kalau aku sih jujur belum tau nanti aku akan berprofesi sebagai perawat atau akan berprofesi lain lagi aku gak tau pokokya yaah di jalani aja dulu pokoknya.

Buat calon mahasiswa yang membaca ini dan mempunyai impian ingin jadi perawat, artikel ini di bikin bukan supaya kalian takut dan gak mau masuk jurusan ini, tapi ini untuk membuat mental kalian sebelum kalian masuk jurusan ini tuh kalian udah siap banget amat sangat dan sudah punya sedikit gambaran aja biar gak kayak aku yang bener-bener gak punya gambaran kayak gimana siih Osca itu, kayak gimana sihh proses turun dinas itu, yaah aku pikir kalo turun dinas itu cukup dinas dengan merawat pasien aja dan gak perlu respon dan konsul sana sini wkwkk. Tapi! masuk jurusan keperawatan itu Mulia loh guys, kita hanya tersenyum aja udah di anggap sedekah, apalagi kita yang udah menolong orang sakit, udah merawat dia dengan sepenuh hati kita, udah melayani dia dan itu kerjanya setiap detik. Jadi ceritanya setiap detik kita kerja setiap detik pun pahala di limpahkan ke kita. Jadi kalian tetap semangat yaaa. Aku semangat, kamu semangat, dan kita harus semangat..

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment